Metamorfosis Kecoa : Urutan Proses, Tahapan, Gambar, dan Penjelasannya

Metamorfosis Kecoa : Urutan Proses, Tahapan, Gambar, dan Penjelasannya - Kecoa adalah salah satu contoh hewan yang melakukan metamorfosis tidak sempurna dalam hidupnya. Metamorfosis kecoa termasuk metamorfosis tidak sempurna karena ia tidak melalui fase pupa atau kepompong. Proses metamorfosis kecoa hanya melalui 3 fase saja dengan urutan pertama fase telur, kemudian fase nimfa, dan fase kecoa dewasa.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana proses metamorfosis kecoa tersebut secara lengkap. Bagi Anda yang penasaran dengan daur hewan menjijikan satu ini, silakan disimak pembahasan berikut!

Metamorfosis Kecoa
Seperti dijelaskan di atas, metamorfosis kecoa melalui 3 tahapan stadium, yaitu stadium telur, stadium nimfa, dan stadium imago (kecoa dewasa). Skema dari proses dan tahapan metamorfosis hewan ini dapat dijelaskan seperti gambar di bawah ini.
Metamorfosis Kecoa
Metamorfosis Kecoa 




1. Stadium Telur
Proses metamorfosis kecoa diawali dengan stadium telur. Telur kecoa diperoleh dari hasil pembuahan sel telur betina oleh sel spermatozoa kecoa jantan. Induk betina kecoa umumnya akan meletakan telur yang dikandungnya di atas permukaan tanah atau sampah. Lebih sering dijumpai pula telur kecoa diletakan di daerah yang jarang dilalui orang.

Dalam sekali bertelur, induk kecoa bisa meletakan sekitar 16 sd 32 butir telur. Telur-telur tersebut biasanya saling melekat satu sama lain karena adanya cairan lengket di permukaannya. Telur-telur yang berwarna hitam atau coklat tersebut biasanya juga dilindungi dengan cangkang kapsul yang disebut ootheca. Oorheca sangat keras sehingga dapat melindungi telur dari benturan luar.

Telur kecoa akan menetas antara rentang 1 sd 2 bulan tergantung dari jenis dan spesies induknya. Dari telur yang menetas akan keluar nimfa atau kecoa muda.

2. Stadium Nimfa
Setelah telur menetas, nimfa atau bayi kecoa akan keluar. Nimfa berukuran sangat kecil menyerupai kutu beras tapi berwarna putih. Nimfa sudah dapat bergerak bebas mencari makan hingga tumbuh dan berubah warna menjadi cokelat. Di awal fase ini, nimfa belum memiliki sayap.

Dalam proses metamorfosis kecoa, fase nimfa dilalui selama 60 hari dengan 4 sd 7 kali instar atau ganti kulit. Setiap berganti kulit, kulit nimfa yang baru akan semakin keras. Sayap kecil baru mulai keluar pada fase instar terakhir sebelum memasuki fase imago. Gambar nimfa kecoa dan pertumbuhannya hingga menjadi kecoa dewasa bisa Anda lihat pada ilustrasi di bawah ini.
Metamorfosis Kecoa
Metamorfosis Kecoa 




3. Stadium Imago (Kecoa Dewasa)
Melewati periode instar terakhir, nimfa kecoa sudah mulai memiliki 2 pasang sayap. Pada fase inilah stadium imago dimulai. Imago atau serangga dewasa dari kecoa memiliki sayap yang kuat sehingga memungkinkannya untuk dapat terbang kesana kemari. Di awal fase imago, kecoa muda berukuran lebih kecil. Ia akan tumbuh menjadi lebih besar hingga siap melakukan proses reproduksi bersama pasangannya. [Baca Juga : Proses Metamorfosis Belalang]

Stadium imago berlangsung selama 200 hari dan dapat bertelur sebanyak 8 sd 20 kali sebelum akhirnya mati.

Demikianlah pemaparan mengenai proses metamorfosis kecoa dan penjelasannya lengkap. Dari pemaparan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa untuk mencegah munculnya kecoa di lingkungan kita, kita harus rajin-rajin membersihkan lingkungan kita agar telur-telur yang akan menjadi kecoa dewasa tidak jadi menetas. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Metamorfosis Kecoa : Urutan Proses, Tahapan, Gambar, dan Penjelasannya"

Posting Komentar