10 Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen, Gambar, dan Penjelasannya

10 Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen, Gambar, dan Penjelasannya - Keanekaragaman hayati (biodiversity) dapat terjadi pada beberapa tingkat kehidupan, di antaranya pada tingkat gen, tingkat spesies atau jenis, serta tingkat ekosistem. Keanekaragaman pada tingkatan kehidupan tersebut sangat menarik untuk diamati karena kita dapat melihat berbagai perbedaan antara satu tingkat kehidupan dengan tingkat kehidupan lainnya dalam satu ekosistem. Nah, di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat gen pada kingdom animalia (hewan) serta pada kingdom plantae (tumbuhan).

Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Keanekaragaman hayati tingkat gen adalah keanekaragaman hayati yang menyebabkan variasi antar individu dalam satu spesies (jenis). Kita dapat menemukan contoh keanekaragaman hayati tingkat gen pada organisme di sekitar lingkungan kita, misalnya pada tanaman padi, mangga, jagung, pisang, maupun pada hewan seperti ayam dan kambing.
Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen


Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

1. Keanekaragaman Hayati pada Padi
Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen bisa kita temukan pada tanaman padi. Bagi yang tinggal di pedesaan atau yang orang tuanya adalah petani tentu keanekaramaan ini sudah kita kenal dengan adanya beragam varietas tanaman padi, misalnya varietas Ciherang, Muncul, Inpari, Digul, Cilamaya, Rojolele, dan lain sebagainya. Masing-masing varietas ini memiliki perbedaan baik dari segi ciri fisik daun, buah, batang, dan akar, ketahanan hidup, maupun dari segi umur tanam.

2. Keanekaragaman Hayati pada Mangga
Sama seperti tanaman padi, tanaman mangga pun memiliki keanekaragaman hayati tingkat gen. Bagi yang suka makan mangga tentu Anda mengenal beberapa ragam jenis mangga seperti mangga manalagi, mangga golek, mangga gadung, mangga arum manis, atau mangga apel. Dari sisi buahnya, mangga-mangga tersebut memiliki rasa dan tekstur yang berbeda-beda, begitupun dari segi penampilan fisik tanamannya.

3. Keanekaragaman Hayati pada Jagung
Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen juga terjadi pada tanaman jagung. Para petani mengenal banyak sekali varietas jagung yang akan ditanamnya. Jenis varietas yang dipilih biasanya disesuaikan dengan kondisi lingkungan penanaman, karena setiap varietas memiliki ketahanan yang berbeda pada kondisi lingkungan yang berbeda. Beberapa contoh varietas tanaman jagung misalnya varietas Pioner, BISI, NK, DK, Bima, dan lain sebagainya.

4. Keanekaragaman Hayati pada Pisang
Tanaman pisang juga mengenal beberapa varietas akibat adanya keanekaragaman hayati tingkat gen pada spesies Musa paradisiaca ini. kita mungkin mengenal adanya pisang dengan nama dan jenis yang beragam mulai dari pisang manado, pisang kepok, pisang muli, pisang raja nangka, pisang lilin, pisang siem, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis pisang ini memiliki rasa dan bentuk buah yang berbeda, begitupun dengan ciri morfologis tanamannya.

5. Keanekaragaman Hayati pada Bunga kertas (bougenvil)
Bagi penyuka tanaman bunga, pasti mengenal yang namanya bunga bougenvil atau bunga kertas. Bunga kertas memiliki beragam varietas yang ditunjukan dengan perbedaan warna bunga, bentuk daun, dan corak. Dengan teknik sambung atau okulasi, varietas bunga kertas biasanya disambungkan sehingga dalam satu tanaman dapat tumbuh lebih dari satu warna bunga.

6. Keanekaragaman Hayati pada Ayam
Contoh keanekaragaman hayati bukan hanya dapat terjadi di dunia tumbuhan. pada hewan juga kita bisa menemukannya. Misalnya pada ayam. Kita mengenal beberapa jenis ayam, di antaranya ayam kampung, ayam bangkok, ayam cemani, ayam kate, dan lain sebagainya. Keragaman ayam ini adalah bukti dari adanya keanekaragaman hayati tingkat gen.

7. Keanekaragaman Hayati pada Kambing
Sejalur dengan ayam, dalam dunia kambing pun kita mengenal adanya contoh keanekaragaman hayati tingkat gen. Ada kambing etawah yang menghasilkan daging dan susu, kambing alpen, kambing saanen, dan kambing boer adalah bukti dari adanya variasi tingkat gen dalam dunia kambing.

Nah, itulah beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat gen baik pada dunia hewan maupun tumbuhan. dengan contoh-contoh yang sudah dijelaskan semoga Anda bisa menangkap garis besar dari apakah itu keanekaragaman hayati tingkat gen. Nah, di artikel selanjutnya kita akan membahas keanekaragaman hayati tingkat jenis atau spesies, jadi jangan tutup dulu halaman ini. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen, Gambar, dan Penjelasannya"

Posting Komentar